TABLE
OF CONTENT
1 Pemasaran
Online Menurut Para Ahli
2. Manfaat
Pemasaran Online Bagi bisnis Anda
3. Strategi
Pemasaran Online
a. Social
Media Marketing (SSM)
b. Search
Engine Marketing (SEM)
c. Pay
Per Click (PPC)
d. Affiliate
Marketing
e. Email
Marketing
Media Pemasaran Online
untuk Bisnis Anda
a.
Media Sosial
b.
Google Ads
c.
Marketplace
d.
Forum Online
e.
Email Marketing
5. Perilaku
Konsumen
6. Bagaimana
perilaku konsumen pada era digital ini ?
7. Perilaku
Konsumen di Era Digital
a. Membandingkan
kualitas produk dari review di internet
b. Kemudahan
Pemesanan dan Pembayaran
c. Tidak
ingin tertinggal hype (trend)
8. Faktor
yang mempengaruhi keputusan membeli secara online
jj Pemasaran Online Menurut Para Ahli
Menurut
buku Marketing Research oleh David dan George (2001:20), internet marketing
atau pemasaran online adalah tentang menjangkau pelanggan dengan menggunakan
jaringan. Integrasi jaringan pengguna dan sumber daya mereka telah menghasilkan
aktivitas baru dengan lebih banyak peluang. Pemisahan aktivitas dan perubahan yang sangat cepat
yang terjadi, hubungan antara pengguna dan komputer akan berubah menjadi alat
komunikasi.
Manfaat
pemasaran online bagi bisnis anda
Dalam
pemasaran online sangat memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis yaitu :
1) memberikan
kemudahan kepada para pelanggan karena dapat memesan produk yang mereka
inginkan karena tersedia waktu 24 jam dalam sehari ketika ingin memesan dan
dapat dilakukan dimanapun pelanggan berada
2) Pemasaran
digital dapat menjangkau pasar yang luas. Dengan akses ke berbagai pasar,
bisnis yang Anda jalankan perlu dikenal tidak hanya di daerah Anda, tetapi juga
di daerah lain. Oleh karena itu, peluang mendapatkan klien juga dapat meningkat
secara dramatis.
3) Dengan pemasaran online kami dapat melihat dan mengukur target market pasar dan juga dapat mengetahui aktivitas yang yang dilakukan pelanggan sebagai pemilik bisnis juga terbantu dalam melakaukan pengawasan kepada bisnis yang dijalankan karena tidak ribet dalam melakukan pengawasan
Strategi
Pemasaran Online
Strategi
pemasaran secara online jauh lebih luas dan kompleks, strategi pemasarannya
bisa disesuaikan dengan banyak sekali jenis usaha atau produk yang ingin di
jual oleh usaha bisnis. Dan Pemasaran digital memiliki banyak potensi
tergantung pada produk, layanan, dan target pelanggan. Berikut adalah beberapa
jenis strategi pemasaran online :
1. Social
Media Marketing (SMM)
Pemasaran media sosial adalah bentuk pemasaran
digital yang menggunakan platform media online dan situs web jaringan untuk
mempromosikan produk atau layanan kami dengan biaya atau gratis. Beberapa media
sosial yang biasa digunakan untuk mempromosikan produk secara online, seperti:
B.Facebook, Instagram, Twitter. Selain memilih platform yang tepat, konten yang
disediakan juga terkait dan bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran yang
ditargetkan, sehingga media sosial sangat efektif dalam mempromosikan penjualan
produk yang dianggap sebagai target. Hal ini dikarenakan pengguna biasanya
menggunakan media sosial untuk meneliti produk yang ingin mereka beli. Media
sosial juga membantu bisnis membangun komunikasi bisnis dan keterlibatan dengan
pelanggan potensial.
2. Search
Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM)
merupakan taktik pemasaran yg memakai mesin pencari buat menjangkau konsumen
pada jumlah besar. Dengan Search Engine Marketing, pengusaha ada pada permukaan
output pencarian. Tapi tentu saja, menerapkan taktik pemasaran ini membutuhkan
biaya. Biaya jua sangat ditentukan sang istilah kunci yg Anda targetkan. Search
Engine Marketing mempunyai sasaran pasar yg jauh lebih khusus & terkait
menggunakan usaha atau produk yg Anda coba promosikan.
3. Pay
Per Click (PPC)
Payperclick (PPC) adalah pemasaran
produk bayar per klik yang membayar
layanan iklan berdasarkan klik konsumen.
Sebenarnya, strategi pemasaran online ini
mirip dengan SEM, tetapi ada beberapa platform untuk menampilkan iklan
PPC kepada audiens perusahaan Anda. Oleh karena itu, perusahaan tidak selalu
menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing. Platform periklanan yang
paling populer dan banyak digunakan adalah Google AdWords, iklan Instagram, dan
iklan Facebook.
Manfaat
menggunakan bayar per klik sebagai strategi pemasaran adalah:
• Kelola
anggaran iklan suatu bisnis
• Mengelola
Target Konsumen
• Suatu
bisnis bebas memilih platform tempat
iklan, suatu bisnis akan ditampilkan sesuai dengan kebutuhan bisnis
Anda.
• Atur
waktu tampilan iklan.
4. Affiliate
Marketing
Afiliasi pemasaran adalah salah satu
program paling efektif yang dapat menghasilkan pendapatan besar di internet
dalam waktu yang relatif singkat dan menghasilkan hasil yang besar. Dengan
menerapkan strategi pemasaran afiliasi, perusahaan berkolaborasi dengan
perusahaan lain untuk menjual produk mereka dengan berbagi keuntungan yang
mereka peroleh. Misalnya, perusahaan yang bekerja sama dengan blogger, pembuat
konten tiktok, atau YouTube. Ini bukan hanya kesempatan untuk meningkatkan
penjualan, tetapi juga kesempatan untuk memperluas hubungan bisnis dan menarik
lebih banyak orang.
5. Email
Marketing
Pemasaran email adalah strategi yang
banyak digunakan perusahaan untuk
pemasaran suatu produknya. Pemasaran email sangat bagus untuk bisnis yang sudah memiliki database
pelanggan. Keuntungannya adalah orang-orang yang sudah ada di bisnis kitaa
tertarik dengan produk dan informasi terbaru yang kita berikan melalui email.
kita dapat menggunakan fitur email blast untuk mengirim email ke pelanggan kita secara instan.
Media
pemasaran online untuk bisnis anda :
1. Media
sosial
Media sosial adalah platform digital yang
memungkinkan pengguna untuk terhubung satu sama lain melalui komunikasi atau
dengan berbagi konten dalam bentuk teks, foto, dan video. Semua konten yang
dibagikan terbuka untuk umum secara
realtime.
2. Google
Ads
Google Ads adalah fitur iklan berbayar dari Google Penelusuran. Tentunya
untuk menampilkan iklan berbayar dan pencarian berbayar, pengiklan harus membayar untuk menampilkan iklan yang
mengandung kata kunci tertentu terkait
dengan produk yang mereka jual.
3. Marketplace
Marketplace adalah platform yang bertindak sebagai perantara
antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi komoditas secara online.
Marketplace atau pasar online juga menawarkan berbagai fitur seperti metode pembayaran,
kutipan pengiriman, pemilihan produk berdasarkan kategori, dan fitur lainnya.
4. Forum
Online
Forum online adalah area diskusi situs web. Anggota situs dapat memposting diskusi dan membaca serta membalas posting yang diposting oleh anggota forum lainnya. Forum dapat berfokus pada hampir semua topik, dan rasa komunitas online atau virtual cenderung berkembang di antara anggota forum.
5. Email
Marketing
Email Marketing adalah email yang berisi konten komersial
atau pesan yang dikirim ke pelanggan
atau calon pelanggan. Informasi tentang produk, promosi atau acara yang sedang
berlangsung, dll.
Bagaimana
perilaku konsumen pada era digital ini ?
Teknologi
yang berkembang selama periode ini juga
mempengaruhi perilaku konsumen. Pesatnya perkembangan e-commerce telah
menyebabkan banyak konsumen membeli produk dan jasa secara online. Promosi yang
dilakukan oleh masing-masing e-commerce semakin gencar, dan banyak
konsumen yang mengubah perilakunya
terhadap proses pembelian. Produk dan layanan yang ditawarkan juga tidak
terbatas. Program seperti diskon dan iklan di berbagai media sudah mampu
menarik konsumen sebelum pandemi.
Selama
pandemi seperti itu, semakin banyak konsumen yang beralih ke belanja online.
Membeli secara online tidak hanya lebih aman, tetapi lebih nyaman karena Anda
tidak melakukan kontak fisik dengan
orang lain.
Perilaku
Konsumen di Era Digital
1. Membandingkan
kualitas produk dari review di internet
Sebagian besar konsumen melihat hal
pertama kali menemukan kualitas produk
yang mereka butuhkan dari ulasan online pada suatu produk. Biasanya mereka
menggunakan halaman pencarian Google, media sosial atau kolom testimoni di toko
online suatu bisnis.
Oleh karena itu, untuk menjadi lebih
unggul dari para pesaing, suatu bisnis selalu berusaha untuk menyediakan
pelanggan dengan produk dan layanan
dengan kualitas terbaik. Penting untuk dipelajari bahwa pelanggan memiliki akses mudah ke semua informasi untuk
mengetahui sebuah produk yang dijual. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan
adalah tujuan utama yang harus dicapai setiap merek, terlepas dari industri tempat mereka berbisnis.
2. Kemudahan
Pemesanan dan Pembayaran
Di era digital seperti sekarang ini,
harga murah bukan lagi satu-satunya daya tarik bagi pelanggan. Kebanyakan dari
mereka lebih menyukai harga produk yang lebih mahal, namun tentunya memiliki
kualitas dan pelayanan yang jauh lebih baik.
Khususnya mengenai kemudahan pemesanan dan
pilihan pembayaran untuk merek. Metode pembayaran yang berkembang untuk
membayar cashless atau non-tunai. Mengakibatkan pelaku usaha bisnis untuk
menawarkan jenis pembayaran melalui aplikasi pembayaran online seperti (Ovo,
Gopay, Shopeepay, M-Banking, Dana,dll). Fitur-fitur canggih dari sistem
checkout online mengurangi waktu pemesanan, menyediakan metode pembayaran yang
mudah, dan mencetak tanda terima secara instan. Kesederhanaan pilihan
pembayaran mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian lebih cepat dan
efisien.
3. Tidak
ingin tertinggal hype (trend)
Perilaku konsumen lainnya saat
berbelanja di era digital tidak boleh ketinggalan dengan hype dan yang lagi
ngetren saat ini. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan di saat yang tepat untuk
menghasilkan inovasi produk yang sesuai dengan apa yang sedang ramai
diperbincangkan masyarakat luas di media sosial. Mengetahui perilaku konsumen
saat berbelanja di era digital memungkinkan kita sebagai pemilik bisnis untuk
menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini untuk membuat keputusan
pembelian berdasarkan perilaku konsumen.
Faktor
yang mempengaruhi keputusan membeli secara online
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian bervariasi dari pembeli ke pembeli. Faktor tersebut adalah produk yang dibeli dan waktu pembelian (Swastha dan Irawan, 2003: 105): Budaya, kelas sosial, kelompok referensi kecil, keluarga, pengalaman, kepribadian, sikap dan keyakinan, konsep diri). Dan Menurut Kotler (2000:161176), faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian adalah (1) budaya yang terdiri dari budaya, subkultur, dan kelas sosial, dan (2) sosial yang terdiri dari kelompok afinitas, keluarga, peran, dan status (3). Personal, komposisi: usia dan siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, (4) psikologi, komposisi: motivasi, persepsi, proses belajar, keyakinan serta sikap.
Sumber :
POPULIX. (2021, September 18). Media Sosial
Adalah: Contoh hingga Manfaatnya bagi Pebisnis. Diambil kembali dari
https://www.info.populix.co/post/media-sosial-adalah
CNN Indonesia. (2020, Juni 30). Panduan
Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula Baca artikel CNN Indonesia
"Panduan Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula" selengkapnya
di sini:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-d.
Diambil kembali dari
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-dari-a-z-untuk-pemula
Adani, M. R. (2020, November 17). Kenali
Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh Penerapannya. Diambil kembali
dari https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-marketplace/
Pengayaan.com. (2021, November 14). Apa
itu Forum Internet? Diambil kembali dari
https://pengayaan.com/apa-itu-forum-internet/
gobiz. (2019, September 30). Kenali
4 Perilaku Konsumen di Era Digital. Diambil kembali dari
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/perilaku-konsumen-di-era-digital/
Akudigital. (2022, April 26). 7
Strategi Pemasaran Online Marketing Terbaru untuk Bisnis Anda. Diambil
kembali dari https://www.akudigital.com/bisnis-tips/strategi-pemasaran-online-marketing/
Suhari, Y.
(https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/898/457). E-COMMERCE
: MODEL PERILAKU KONSUMEN.
Ira Setiawati, P. W. (t.thn.). PENGARUH
STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM . Diambil kembali
dari http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/viewFile/263/229


0 Komentar