TABLE OF CONTENT

Pemasaran Online Menurut Para Ahli

2.   Manfaat Pemasaran Online Bagi bisnis Anda

3.  Strategi Pemasaran Online

a.      Social Media Marketing (SSM)

b.      Search Engine Marketing (SEM)

c.       Pay Per Click (PPC)

d.      Affiliate Marketing

e.       Email Marketing

Media Pemasaran Online untuk Bisnis Anda

a.    Media Sosial

b.    Google Ads

c.     Marketplace

d.    Forum Online

e.     Email Marketing

5.      Perilaku Konsumen

6.      Bagaimana perilaku konsumen pada era digital ini ?

7.      Perilaku Konsumen di Era Digital

a.      Membandingkan kualitas produk dari review di internet

b.      Kemudahan Pemesanan dan Pembayaran

c.       Tidak ingin tertinggal hype (trend)

8.      Faktor yang mempengaruhi keputusan membeli secara online



jj   Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Menurut buku Marketing Research oleh David dan George (2001:20), internet marketing atau pemasaran online adalah tentang menjangkau pelanggan dengan menggunakan jaringan. Integrasi jaringan pengguna dan sumber daya mereka telah menghasilkan aktivitas baru dengan lebih banyak peluang. Pemisahan  aktivitas dan perubahan yang sangat cepat yang terjadi, hubungan antara pengguna dan komputer akan berubah menjadi alat komunikasi.

Manfaat pemasaran online bagi bisnis anda

Dalam pemasaran online sangat memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis yaitu :

1)      memberikan kemudahan kepada para pelanggan karena dapat memesan produk yang mereka inginkan karena tersedia waktu 24 jam dalam sehari ketika ingin memesan dan dapat dilakukan dimanapun pelanggan berada

2)      Pemasaran digital dapat menjangkau pasar yang luas. Dengan akses ke berbagai pasar, bisnis yang Anda jalankan perlu dikenal tidak hanya di daerah Anda, tetapi juga di daerah lain. Oleh karena itu, peluang mendapatkan klien juga dapat meningkat secara dramatis.

3)      Dengan pemasaran online kami dapat melihat dan mengukur target market pasar dan juga dapat mengetahui aktivitas yang yang dilakukan pelanggan sebagai pemilik bisnis juga terbantu dalam melakaukan pengawasan kepada bisnis yang dijalankan  karena tidak ribet dalam melakukan pengawasan

Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran secara online jauh lebih luas dan kompleks, strategi pemasarannya bisa disesuaikan dengan banyak sekali jenis usaha atau produk yang ingin di jual oleh usaha bisnis. Dan Pemasaran digital memiliki banyak potensi tergantung pada produk, layanan, dan target pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis strategi pemasaran online :

1.      Social Media Marketing (SMM)

          Pemasaran media sosial adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform media online dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan kami dengan biaya atau gratis. Beberapa media sosial yang biasa digunakan untuk mempromosikan produk secara online, seperti: B.Facebook, Instagram, Twitter. Selain memilih platform yang tepat, konten yang disediakan juga terkait dan bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran yang ditargetkan, sehingga media sosial sangat efektif dalam mempromosikan penjualan produk yang dianggap sebagai target. Hal ini dikarenakan pengguna biasanya menggunakan media sosial untuk meneliti produk yang ingin mereka beli. Media sosial juga membantu bisnis membangun komunikasi bisnis dan keterlibatan dengan pelanggan potensial.

2.      Search Engine Marketing (SEM)

            Search Engine Marketing (SEM) merupakan taktik pemasaran yg memakai mesin pencari buat menjangkau konsumen pada jumlah besar. Dengan Search Engine Marketing, pengusaha ada pada permukaan output pencarian. Tapi tentu saja, menerapkan taktik pemasaran ini membutuhkan biaya. Biaya jua sangat ditentukan sang istilah kunci yg Anda targetkan. Search Engine Marketing mempunyai sasaran pasar yg jauh lebih khusus & terkait menggunakan usaha atau produk yg Anda coba promosikan.

3.      Pay Per Click (PPC)

            Payperclick (PPC) adalah pemasaran produk bayar per klik yang  membayar layanan iklan berdasarkan klik  konsumen. Sebenarnya, strategi pemasaran online ini  mirip dengan SEM, tetapi ada beberapa platform untuk menampilkan iklan PPC kepada audiens perusahaan Anda. Oleh karena itu, perusahaan tidak selalu menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing. Platform periklanan yang paling populer dan banyak digunakan adalah Google AdWords, iklan Instagram, dan iklan Facebook.

Manfaat menggunakan bayar per klik sebagai strategi pemasaran adalah:

       Kelola anggaran iklan suatu bisnis

       Mengelola Target Konsumen

       Suatu bisnis bebas memilih platform tempat  iklan, suatu bisnis akan ditampilkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

       Atur waktu tampilan iklan.

4.      Affiliate Marketing

            Afiliasi pemasaran adalah salah satu program paling efektif yang dapat menghasilkan pendapatan besar di internet dalam waktu yang relatif singkat dan menghasilkan hasil yang besar. Dengan menerapkan strategi pemasaran afiliasi, perusahaan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk menjual produk mereka dengan berbagi keuntungan yang mereka peroleh. Misalnya, perusahaan yang bekerja sama dengan blogger, pembuat konten tiktok, atau YouTube. Ini bukan hanya kesempatan untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga kesempatan untuk memperluas hubungan bisnis dan menarik lebih banyak orang.

5.      Email Marketing

            Pemasaran email adalah strategi yang banyak digunakan perusahaan untuk  pemasaran suatu  produknya.  Pemasaran email sangat bagus untuk  bisnis yang sudah memiliki database pelanggan. Keuntungannya adalah orang-orang yang sudah ada di bisnis kitaa tertarik dengan produk dan informasi terbaru yang kita berikan melalui email. kita dapat menggunakan fitur email blast untuk mengirim email  ke pelanggan kita secara instan.

Media pemasaran online untuk bisnis anda :

1.      Media sosial

Media sosial adalah platform digital yang memungkinkan pengguna untuk terhubung satu sama lain melalui komunikasi atau dengan berbagi konten dalam bentuk teks, foto, dan video. Semua konten yang dibagikan  terbuka untuk umum secara realtime.

2.      Google Ads

Google Ads adalah fitur iklan  berbayar dari Google Penelusuran. Tentunya untuk menampilkan iklan berbayar dan pencarian berbayar, pengiklan  harus membayar untuk menampilkan iklan yang mengandung kata kunci tertentu  terkait dengan produk yang mereka jual.

3.      Marketplace

Marketplace adalah  platform yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi komoditas secara online. Marketplace atau pasar online juga menawarkan berbagai fitur seperti metode pembayaran, kutipan pengiriman, pemilihan produk berdasarkan kategori, dan fitur  lainnya.

4.      Forum Online

Forum online adalah area diskusi  situs web. Anggota situs  dapat memposting diskusi dan membaca serta membalas posting yang diposting oleh anggota forum lainnya. Forum dapat berfokus pada hampir semua topik, dan rasa komunitas online atau  virtual  cenderung berkembang di antara anggota forum.

5.      Email Marketing

Email Marketing  adalah email yang berisi konten komersial atau pesan  yang dikirim ke pelanggan atau calon pelanggan. Informasi tentang produk, promosi atau acara yang sedang berlangsung, dll.

Perilaku Konsumen

Bagaimana perilaku konsumen pada era digital ini ?

Teknologi yang  berkembang selama periode ini juga mempengaruhi perilaku konsumen. Pesatnya perkembangan e-commerce telah menyebabkan banyak konsumen membeli produk dan jasa secara online. Promosi yang dilakukan oleh masing-masing e-commerce semakin gencar, dan banyak konsumen  yang mengubah perilakunya terhadap proses pembelian. Produk dan layanan yang ditawarkan juga tidak terbatas. Program seperti diskon dan iklan di berbagai media sudah mampu menarik konsumen  sebelum  pandemi.

            Selama pandemi seperti itu, semakin banyak konsumen yang beralih ke belanja online. Membeli secara online tidak hanya lebih aman, tetapi lebih nyaman karena Anda tidak melakukan  kontak fisik dengan orang lain.

Perilaku Konsumen di Era Digital

1.      Membandingkan kualitas produk dari review di internet

            Sebagian besar konsumen melihat hal pertama kali menemukan kualitas  produk yang mereka butuhkan dari ulasan online pada suatu produk. Biasanya mereka menggunakan halaman pencarian Google, media sosial atau kolom testimoni di toko online suatu bisnis.

            Oleh karena itu, untuk menjadi lebih unggul dari para pesaing, suatu bisnis selalu berusaha untuk menyediakan pelanggan dengan  produk dan layanan dengan kualitas terbaik. Penting untuk dipelajari bahwa pelanggan  memiliki akses mudah ke semua informasi untuk mengetahui sebuah produk yang dijual. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan adalah tujuan utama yang harus dicapai setiap merek, terlepas dari  industri tempat mereka berbisnis.

2.      Kemudahan Pemesanan dan Pembayaran

            Di era digital seperti sekarang ini, harga murah bukan lagi satu-satunya daya tarik bagi pelanggan. Kebanyakan dari mereka lebih menyukai harga produk yang lebih mahal, namun tentunya memiliki kualitas dan pelayanan yang jauh lebih baik.

 Khususnya mengenai kemudahan pemesanan dan pilihan pembayaran untuk merek. Metode pembayaran yang berkembang untuk membayar cashless atau non-tunai. Mengakibatkan pelaku usaha bisnis untuk menawarkan jenis pembayaran melalui aplikasi pembayaran online seperti (Ovo, Gopay, Shopeepay, M-Banking, Dana,dll). Fitur-fitur canggih dari sistem checkout online mengurangi waktu pemesanan, menyediakan metode pembayaran yang mudah, dan mencetak tanda terima secara instan. Kesederhanaan pilihan pembayaran mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian lebih cepat dan efisien.

3.      Tidak ingin tertinggal hype (trend)

            Perilaku konsumen lainnya saat berbelanja di era digital tidak boleh ketinggalan dengan hype dan yang lagi ngetren saat ini. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan di saat yang tepat untuk menghasilkan inovasi produk yang sesuai dengan apa yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat luas di media sosial. Mengetahui perilaku konsumen saat berbelanja di era digital memungkinkan kita sebagai pemilik bisnis untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini untuk membuat keputusan pembelian berdasarkan perilaku konsumen.

Faktor yang mempengaruhi keputusan membeli secara online

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian bervariasi dari pembeli ke pembeli. Faktor tersebut adalah produk yang dibeli dan waktu pembelian (Swastha dan Irawan, 2003: 105): Budaya, kelas sosial, kelompok referensi kecil, keluarga, pengalaman, kepribadian, sikap dan keyakinan, konsep diri). Dan Menurut Kotler (2000:161176), faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian adalah (1) budaya yang terdiri dari budaya, subkultur, dan kelas sosial, dan (2) sosial yang terdiri dari kelompok afinitas, keluarga, peran, dan status (3). Personal, komposisi: usia dan siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, (4) psikologi, komposisi: motivasi, persepsi, proses belajar, keyakinan serta sikap.

Sumber : 

POPULIX. (2021, September 18). Media Sosial Adalah: Contoh hingga Manfaatnya bagi Pebisnis. Diambil kembali dari https://www.info.populix.co/post/media-sosial-adalah

CNN Indonesia. (2020, Juni 30). Panduan Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula Baca artikel CNN Indonesia "Panduan Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-d. Diambil kembali dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-dari-a-z-untuk-pemula

Adani, M. R. (2020, November 17). Kenali Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh Penerapannya. Diambil kembali dari https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-marketplace/

Pengayaan.com. (2021, November 14). Apa itu Forum Internet? Diambil kembali dari https://pengayaan.com/apa-itu-forum-internet/

gobiz. (2019, September 30). Kenali 4 Perilaku Konsumen di Era Digital. Diambil kembali dari https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/perilaku-konsumen-di-era-digital/

Akudigital. (2022, April 26). 7 Strategi Pemasaran Online Marketing Terbaru untuk Bisnis Anda. Diambil kembali dari https://www.akudigital.com/bisnis-tips/strategi-pemasaran-online-marketing/

Suhari, Y. (https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/898/457). E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN.

Ira Setiawati, P. W. (t.thn.). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM . Diambil kembali dari http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/viewFile/263/229