Table Of Content

1.   Komunikasi Pemasaran Online

1.1.  Memahami Komunikasi Pemasaran Online

1.2.  Memahami Pengertian Komunikasi Pemasaran Online Menurut Para Ahli

2.   Shoppers & Buyers

3.   Apa Yang Paling Di Cari Produk Oleh Konsumen Online Di Indonesia

3.1.  Platform Yang Paling Di Gunakan Di Indonesia

4.   Internet Marketing vs Traditional Marketing

4.1.  Digital Marketing

4.2.  Mengidentifikasi media digital Marketing

4.3.  Jenis Pemasaran digital

4.4.  Tradisional Marketing

4.5.  Tujuan tradisional marketing

4.6.  Penggunaan website

5.   Multichannel Marketing

5.1.  Mengenal Multichannel dalam Marketing dan Kenapa Sangat Penting ?

5.2.  Strategi Penerapan Multichannel Marketing

6.   Website Fuction

6.1 Fungsi website

6.2 Manfaat website



1.     Konsep Pemasaran Online

1.1 Memahami Komunikasi Pemasaran Online

Dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan informasi, komunikasi pemasaran sepenuhnya berbasis internet. Komunikasi pemasaran online merupakan rangkaian kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Awalnya ini adalah halaman statis HTML yang dapat diakses oleh pengguna Internet, tetapi kemudian menjadi semacam pamflet online yang dapat dengan cepat menyebarkan informasi ke semua konsumen.

1.2 Memahami Pengertian Komunikasi Pemasaran Online Menurut Para Ahli   

Komunikasi pemasaran online Menurut Calin Gurau (2008) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran online Mewakili berbagai fenomena yang  terdiri dari beragam mata pelajaran terkait         dengan Pasar, fungsi komunikasi, manajemen informasi, dll.

Transparan merupakan jenis proses komunikasi pemasaran online, karena semua informasi tersedia mengenai produk dan jasa dapat diakses oleh semua audiens.

1.     2. Shoppers & Buyers

2.1  Mengapa saat ini masyarakat suka berbelanja online

Di era ini, segala sesuatu mulai dari pekerjaan hingga sekolah sepenuhnya online, tidak terkecuali belanja. Bahkan, kini banyak sembako yang dijual secara online. Belanja online didukung oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Siapapun yang memiliki smartphone dan koneksi internet dapat mengakses situs belanja online. Video viral tentang penipuan  situs belanja online sering terjadi, tetapi tidak mengurangi minat. Kebanyakan orang yang  berbelanja online untuk waktu yang lama memiliki toko online langganan mereka sendiri. Selain itu, banyak pesan penipuan sebenarnya meningkatkan kesadaran pelanggan. Misalnya  dengan memperhatikan rating dan testimoni di dalam toko. Selain itu, beberapa situs belanja online menjadi semakin sukses. Hampir setiap bulannya, situs belanja online selalu mengadakan promo-promo menarik yang menggairahkan bagi semua orang. Selain berbelanja, beberapa situs belanja online menjual produk.

2.2  Kelebihan berbelanja online

1.     Banyak pilihan platform

Saat berbelanja online, kita menghadapi banyak  toko online. Sekarang saya sudah menemukan banyak penjual di  media sosial, termasuk Instagram, Facebook, bahkan Twitter. Tak hanya itu, kini banyak bermunculan perusahaan e-commerce seperti Zalora, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Bahkan, beberapa penyedia e-commerce menawarkan paylater.

2.     Kapan dan dimana saja

Toko online tidak tutup, jadi Anda bisa berbelanja online kapan saja. Sobat pintar dapat melihat, memilih, dan memesan produk kapan saja dan tidak memandang waktu. Tapi tentu saja, semua toko memiliki jam kerja reguler. Tentunya dengan berbasis internet, tentunya kalian bisa berbelanja dimana saja menggunakan smartphone Anda.

3.     Pembayaran lebih mudah

Saat ini kita membayar belanja sudah bisa dengan system menggunakan atm maupun virtual bank, kalian sudah bisa langsung membayar barang anda, apalagi saat ini juga banyak platform yang sudah menggunakan bayar dengan cara COD atau Cash on delivery.

1.     3. Apa Yang Paling Di Cari Produk Oleh Konsumen Online Di Indonesia

Minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui platform e-commerce terus tumbuh. Kondisi ini juga mendorong peningkatan penjualan berbagai produk yang di pasarkan online. Di antara berbagai kebutuhan yang ditawarkan pengelola e-commerce, produk fashion dan aksesoris masih menempati urutan teratas sebagai barang yang banyak dibeli oleh pengguna internet Indonesia.

Survei tersebut dilakukan oleh firma riset pasar Ipsos Indonesia yang mensurvei tiga perusahaan e-commerce ternama seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Survei yang dilakukan oleh Ipsos Indonesia terhadap 1.000 responden dengan pengalaman  belanja online. 

Menurut hasil survei yang telah dilakukan, kebutuhan kategori kesehatan dan kecantikan tertinggi kedua di antara produk yang  dibeli secara online. kategori  FMCG (Fast-moving Consumer Goods). Ini menempati urutan ketiga sebagai produk yang banyak orang beli secara online.

3.1 Platform Yang Paling Di Gunakan Di Indonesia

Diera teknologi dan informasi yang semakin mudah diakses oleh semuua orang, menjadikan sebuah pemasaran oleh perusahaan menjadi online. semakin banyaknya perusahaan yang menjual melalui e-commerce dan pasar Indonesia, Tidak hanya UKM tetapi juga merek-merek besar memasuki pasar online dan menjual. 

Hal ini terlihat dari peningkatan pertumbuhan pasar Indonesia yang  meningkat  pesat, terutama di era sekarang. Indonesia memiliki lebih dari 500 juta pengguna online customer per bulan dari 15 pasar teratas platform online shop.

Menurut Country Service Line Group Leader, Observer and Customer Experience & Channel Performance di Ipsos Indonesia, telah menunjukkan dari platform bahwa Shopee adalah e-commerce paling banyak digunakan di Indonesia.

1.    4. Internet Marketing vs Traditional Marketing

4.1 digital marketing

Pemasaran digital adalah aktivitas pemasaran atau branding produk / layanan yang memanfaatkan dan memanfaatkan media digital dan Internet untuk memperoleh pelanggan potensial . Karena pesatnya penyebaran teknologi dan internet  di masyarakat, digital marketing begitu ampuh dalam pemasaran  produk/jasa  bahkan perusahaan  besar pun menjadikan digital marketing sebagai strategi utama  mereka.

perjalanan konsumen online

1. Awarness

Tahap ini merupakan tahap dimana konsumen langsung mengenal dan mengingat suatu produk hanya dengan melihat baik dari segi warna ataupun logo

2. Consideration

Tahap ini merupakan tahap dimana langkah lanjut dari awarness yaitu dimana konsumen mulai mencari tahu tentang sebuah produk/ jasa yang di pasarkan.

3. Conversion

Setelah melalui tahap consideration tahap ini bermaksud untuk mendoron konsumen yang tertarik untuk melakukan sebuah pembelian

4.  Loyalty

Pada tahap ini dimana para konsumen yang telah membeli sebuah produk/jasa di harapkan untuk terus berlangganan

 

4.2 Mengidentifikasi media digital marketing

•  Owned : merupakan chanel yang kita miliki atau bisa kita control

Contohnya :

 - Website

-  Social media chanel

- Email

- blog

- E-books

- White papers

• Paid :  semua chanel yang memungkinkan promosi produk/jasa tetapi disertaidengan adanya biaya yang dikeluarkan .

Contoh :

- Digital ads

- Booster social media post

•   Earned : Hal ini merupakan liputan media yang biasayanya berbentuk word of mouth. Contohnya :

- Rating dan riview dari costumer

- liputan media pada penerbit online

- postingan media sosial dari orang lain


4.3 Jenis Pemasaran Digital


1.     Search Engine Optimization

 Seo adalah proses optimasi website/website ketika pelanggan mencari kata kunci tertentu. kemungkinan: Perlunya pengetahuan lengkap tentang SEO fokus pada halaman dan perilaku konsumen saat mencari konten situs web dengan kata kunci yang tepat OFF Pge Seo Hal ini dilakukan offpage dengan menambahkan peringkat 1, 2 dan 3 pencarian.

 

2.     Pemasaran Mesin Pencari

 Jenis ini adalah optimasi situs web yang ditampilkan di mesin pencari dengan memberi peringkat ke atas dengan alat yang lebih berbayar. Contoh: Periklanan

 

3.     Pemasaran Media Sosial

 Pemasaran media sosial adalah metode pemasaran yang mempromosikan produk/jasa di saluran media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan serta meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Tipe ini sangat tergantung pada kualitas konten, tulisan, dan cara Anda mengembangkan dan membangun hubungan dengan audiens  Anda.

 

4.     Pemasaran Konten

 Ini adalah teknik pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan penerbitan konten untuk audiens tertentu.

 

5.     Pemasaran Email  Gunakan Email

 untuk mempromosikan konten / diskon / acara sehingga transaksi atau pembelian dilakukan dan dikirim ke situs web Anda.

4.4 Traditional marketing

Pemasaran Tradisional adalah  istilah strategi pemasaran yang mencakup berbagai saluran periklanan seperti  media cetak, billboard, televisi, brosur, dan kampanye billboard untuk iklan  radio. Pemasaran tradisional adalah jenis pemasaran yang paling terkenal dan mencakup semua iklan yang kita lihat dan dengar setiap hari.

4.5 Tujuan tradisional marketing

• Penggunaan taktik pemasaran tradisional bisa menggunakan gampang menjangkau poly pelanggan. Misalnya, suatu iklan radio yg diputar pada satu lokasi akan menjangkau suatu kota atau wilayah. Atau, sepucuk pamflet yg dikirimkan ke setiap tempat tinggal   pada sejumlah wilayah tertentu.

 • Barangnya mampu disimpan. Pelanggan bisa menyimpan barang atau rupa fisik sebagai akibatnya bisa dicermati terus-menerus. Contohnya, iklan risalah yg diberikan bisa disimpan sebagai akibatnya penerima mampu terus melihat produk yg ditawarkan.

 • Pemasaran tradisional bisa menggunakan gampang dipahami sang kebanyakan orang lantaran semenjak usang   mereka telah acapkalikali dihadapkan dalam taktik semacam ini.

4.6 Penggunaan Website

Situs internet adalah kumpulan halaman internet yang terdapat dalam  area atau subdomain  di

 World Wide Web (WWW) Internet. Secara umum internet site digunakan untuk menyampaikan informasi tetapi seiring perkembangan teknologi dan zaman

fungsi dan manfaat dari sebuah internet site.

1. Web digunakan sebagai media informasi yang siapa saja dapat mengirim dan menerima informasi. Anda dapat menemukan berbagai jenis informasi yang tersedia di situs internet Anda hanya dengan membuka alamat situs internet Anda.

2. Web juga berfungsi sebagai media komunikasi yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui chat, webmail, touch form, dan

 sebagainya.

3. internet site juga berfungsi untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki melalui internet.

4. Web juga dapat digunakan untuk media transaksi. Dimana bisnis dan konsumen terhubung melalui transaksi elektronik atau online.

5. Multichannel Marketing

5.1 Mengenal Multichannel dalam Marketing dan Kenapa Sangat Penting ?

Definisi Pemasaran multichannel merupakan  bentuk strategi pemasaran yang menggunakan berbagai saluran komunikasi. Semakin banyak saluran yang anda gunakan, semakin efektif dan maksimal untuk menarik banyak audiens.

Tujuan penggunaan pemasaran multichannel ini sebenarnya adalah untuk menarik banyak pemirsa dari berbagai kalangan tanpa batasan informasi. Pelanggan memiliki akses ke semua informasi tentang bisnis Anda dari berbagai media sosial. Misalnya, jika Anda tidak puas dengan akses Anda ke Instagram atau Twitter, Anda dapat  mencari informasi di situs Anda.

5.2 Strategi Penerapan Multichannel Marketing

1. Tentukan persona pembeli

 Pertama, tentukan siapa calon pelanggan Anda. Persona pembeli dapat digunakan untuk memfasilitasi keputusan ini.

 Dengan cara ini kami benar-benar dapat memahami kebutuhan konsumen. dengan begitu kita bisa memahi apa yang mereka suka dan apa yang tidak mereka sukai, dan aagaimana perilakunya

2. Pilih saluran yang ingin Anda gunakan

 Langkah selanjutnya dalam menerapkan pemasaran multi saluran adalah menentukan saluran. Oleh karena itu, pilih hanya beberapa saluran. Prioritaskan semuanya sesuai dengan persona pembeli.

 3. Sesuaikan pesan yang Anda kirim

 Sebuah perusahaan atau suatu bisnis membutuhkan banyak tim. Semua tim menjaga semua saluran Strategi ini tentu sangat efektif dan efisien. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi setiap anggota tim. Sebagai strategi, selalu ingat siapa persona merek Anda. Buat kesimpulan tentang pesan seperti apa  yang mereka sukai.

 4. Sesuaikan untuk setiap saluran

Strategi selanjutnya adalah melakukan pesan yang membedakan  pengguna bisnis dan perusahaan lain. Misalnya, pilih platform Instagram dan Tiktok. Pesan visual dapat dikomunikasikan dengan baik untuk disampaikan kepada calon konsumen. Anda dapat mendistribusikan foto Anda di sana. Ini berbeda dari saluran Twitter. Pesan tertulis mungkin lebih efektif di media sosial lainnya.

2.     WEBSITE FUNCTION


6.1  Fungsi website

Situs website itu sendiri adalah kumpulan halaman dalam domain yang berisi  banyak informasi yang dapat diakses oleh pengguna Internet, dan pengguna juga dapat membaca dan melihatnya melalui mesin pencari. Informasi yang dapat dimasukkan di situs web biasanya mencakup gambar, ilustrasi, video, dan konten tekstual untuk berbagai tujuan.

6.2 Manfaat website

1.     Memperluas jangkauan promosi

Website, baik perusahaan atau individu, dapat digunakan sebagai sarana promosi diri. Namun selain meningkatkan kredibilitas, jika website Anda dapat mencapai halaman pertama hasil pencarian Google dengan SEO yang baik, website Anda akan dikenal  lebih banyak orang dan lebih banyak pengguna internet, bukan tidak mungkin untuk didatangi.

2.     Wadah Komunitas

Sesuai dengan jenis-jenis website di atas, Anda juga bisa menggunakan website tersebut untuk menjadi forum komunitas sesuai minat Anda. Misalnya, jika Anda menyukai reptil, Anda dapat membuat situs web yang berisi pengetahuan tentang perawatan reptil dan menyatukan orang-orang dengan minat yang sama untuk mendirikan sebuah organisasi.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, K. (2021, januari 13). Ingin Jangkau Banyak Audiens? Coba Multichannel Marketing, Yuk! Diambil kembali dari https://glints.com/id/lowongan/multichannel-marketing-adalah/#.YoOpdC9gmqB

Pratama, A. P. (2018). AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE HEXAIMAGES SURABAYA. Diambil kembali dari http://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal%20D1215001.pdf

Ulfa, N. (2022, januari 31). Survei: 3 Barang Olshop Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia. Diambil kembali dari https://www.dream.co.id/techno/berdasarkan-survei-fesyen-dan-akesoris-yang-sering-dibeli-secara-online-2201294.html

Istiqomah, M. M. (2021, November 12). 5 Alasan Orang Memilih Belanja Online, Tidak Hanya karena Pandemi!

Kreditpintar. (2021, Mei 11). Banyak Disukai Orang, Apa Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online. Diambil kembali dari https://www.kreditpintar.com/education/banyak-disukai-orang-apa-kelebihan-dan-kekurangan-belanja-online

DewaWeb. (2021, juli 14). Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui . Diambil kembali dari https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-website-lengkap/

Adani, M. R. (2020, desember 16). Pengenalan Apa Itu Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya. Diambil kembali dari https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-website/

Dania, R. (2016). Blending traditional and digital marketing. Diambil kembali dari http://webbut2.unitbv.ro/BU2015/series%20v/2016/BULETIN%20I%20PDF/06_Todor%20R.pdf

Haryono, S. (2018, april). PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE TERHADAP PENJUALAN PRODUK PENGUSAHA UMKM PADA ASOSIASI INDUSTRI KREATIF DEPOK . Diambil kembali dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/viewFile/2324/1890

Muchammad Saifuddin, F. S. (2014, juni). E-MARKETING DALAM PANDANGAN BISNIS. Diambil kembali dari https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/download/39/27

King, A. B. (2008, juli). Website optimization. Diambil kembali dari http://www.websiteoptimization.com/secrets/conversion-rate-optimization.pdf