Table Of Content
1. Komunikasi
Pemasaran Online
1.1. Memahami
Komunikasi Pemasaran Online
1.2. Memahami
Pengertian Komunikasi Pemasaran Online Menurut Para Ahli
2. Shoppers
& Buyers
3. Apa
Yang Paling Di Cari Produk Oleh Konsumen Online Di Indonesia
3.1. Platform
Yang Paling Di Gunakan Di Indonesia
4. Internet
Marketing vs Traditional Marketing
4.1. Digital
Marketing
4.2. Mengidentifikasi
media digital Marketing
4.3. Jenis
Pemasaran digital
4.4. Tradisional
Marketing
4.5. Tujuan
tradisional marketing
4.6. Penggunaan
website
5. Multichannel
Marketing
5.1. Mengenal
Multichannel dalam Marketing dan Kenapa Sangat Penting ?
5.2. Strategi
Penerapan Multichannel Marketing
6.
Website Fuction
6.1 Fungsi website
6.2 Manfaat
website
1. Konsep
Pemasaran Online
1.1
Memahami Komunikasi Pemasaran Online
Dengan
semakin majunya teknologi dan perkembangan informasi, komunikasi pemasaran
sepenuhnya berbasis internet. Komunikasi pemasaran online merupakan rangkaian
kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Awalnya ini
adalah halaman statis HTML yang dapat diakses oleh pengguna Internet, tetapi
kemudian menjadi semacam pamflet online yang dapat dengan cepat menyebarkan
informasi ke semua konsumen.
1.2 Memahami Pengertian Komunikasi Pemasaran Online Menurut Para Ahli
Komunikasi pemasaran online Menurut Calin Gurau (2008) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran online Mewakili berbagai fenomena yang terdiri dari beragam mata pelajaran terkait dengan Pasar, fungsi komunikasi, manajemen informasi, dll.
Transparan
merupakan jenis proses komunikasi pemasaran online, karena semua informasi
tersedia mengenai produk dan jasa dapat diakses oleh semua audiens.
1. 2. Shoppers & Buyers
2.1 Mengapa saat ini masyarakat suka berbelanja online
Di era ini, segala sesuatu mulai dari pekerjaan hingga sekolah sepenuhnya online, tidak terkecuali belanja. Bahkan, kini banyak sembako yang dijual secara online. Belanja online didukung oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Siapapun yang memiliki smartphone dan koneksi internet dapat mengakses situs belanja online. Video viral tentang penipuan situs belanja online sering terjadi, tetapi tidak mengurangi minat. Kebanyakan orang yang berbelanja online untuk waktu yang lama memiliki toko online langganan mereka sendiri. Selain itu, banyak pesan penipuan sebenarnya meningkatkan kesadaran pelanggan. Misalnya dengan memperhatikan rating dan testimoni di dalam toko. Selain itu, beberapa situs belanja online menjadi semakin sukses. Hampir setiap bulannya, situs belanja online selalu mengadakan promo-promo menarik yang menggairahkan bagi semua orang. Selain berbelanja, beberapa situs belanja online menjual produk.
2.2 Kelebihan berbelanja online
1.
Banyak pilihan
platform
Saat berbelanja online, kita menghadapi banyak toko online. Sekarang saya sudah menemukan banyak penjual di media sosial, termasuk Instagram, Facebook, bahkan Twitter. Tak hanya itu, kini banyak bermunculan perusahaan e-commerce seperti Zalora, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Bahkan, beberapa penyedia e-commerce menawarkan paylater.
2.
Kapan dan dimana
saja
Toko online tidak tutup, jadi Anda bisa berbelanja online kapan saja. Sobat pintar dapat melihat, memilih, dan memesan produk kapan saja dan tidak memandang waktu. Tapi tentu saja, semua toko memiliki jam kerja reguler. Tentunya dengan berbasis internet, tentunya kalian bisa berbelanja dimana saja menggunakan smartphone Anda.
3. Pembayaran lebih mudah
Saat ini kita membayar belanja
sudah bisa dengan system menggunakan atm maupun virtual bank, kalian sudah bisa
langsung membayar barang anda, apalagi saat ini juga banyak platform yang sudah
menggunakan bayar dengan cara COD atau Cash on delivery.
1. 3. Apa
Yang Paling Di Cari Produk Oleh Konsumen Online Di Indonesia
Minat
masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui platform e-commerce terus tumbuh.
Kondisi ini juga mendorong peningkatan penjualan berbagai produk yang di
pasarkan online. Di antara berbagai kebutuhan yang ditawarkan pengelola
e-commerce, produk fashion dan aksesoris masih menempati urutan teratas sebagai
barang yang banyak dibeli oleh pengguna internet Indonesia.
Survei
tersebut dilakukan oleh firma riset pasar Ipsos Indonesia yang mensurvei tiga
perusahaan e-commerce ternama seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Survei
yang dilakukan oleh Ipsos Indonesia terhadap 1.000 responden dengan
pengalaman belanja online.
Menurut
hasil survei yang telah dilakukan, kebutuhan kategori kesehatan dan kecantikan
tertinggi kedua di antara produk yang
dibeli secara online. kategori
FMCG (Fast-moving Consumer Goods). Ini menempati urutan ketiga sebagai
produk yang banyak orang beli secara online.
3.1
Platform Yang Paling Di Gunakan Di Indonesia
Diera
teknologi dan informasi yang semakin mudah diakses oleh semuua orang,
menjadikan sebuah pemasaran oleh perusahaan menjadi online. semakin banyaknya
perusahaan yang menjual melalui e-commerce dan pasar Indonesia, Tidak hanya UKM
tetapi juga merek-merek besar memasuki pasar online dan menjual.
Hal
ini terlihat dari peningkatan pertumbuhan pasar Indonesia yang meningkat
pesat, terutama di era sekarang. Indonesia memiliki lebih dari 500 juta
pengguna online customer per bulan dari 15 pasar teratas platform online shop.
Menurut
Country Service Line Group Leader, Observer and Customer Experience &
Channel Performance di Ipsos Indonesia, telah menunjukkan dari platform bahwa
Shopee adalah e-commerce paling banyak digunakan di Indonesia.
1. 4. Internet
Marketing vs Traditional Marketing
4.1 digital marketing
Pemasaran digital adalah aktivitas pemasaran atau branding produk / layanan yang memanfaatkan dan memanfaatkan media digital dan Internet untuk memperoleh pelanggan potensial . Karena pesatnya penyebaran teknologi dan internet di masyarakat, digital marketing begitu ampuh dalam pemasaran produk/jasa bahkan perusahaan besar pun menjadikan digital marketing sebagai strategi utama mereka.
perjalanan
konsumen online
1. Awarness
Tahap
ini merupakan tahap dimana konsumen langsung mengenal dan mengingat suatu
produk hanya dengan melihat baik dari segi warna ataupun logo
2. Consideration
Tahap
ini merupakan tahap dimana langkah lanjut dari awarness yaitu dimana konsumen
mulai mencari tahu tentang sebuah produk/ jasa yang di pasarkan.
3. Conversion
Setelah
melalui tahap consideration tahap ini bermaksud untuk mendoron konsumen yang
tertarik untuk melakukan sebuah pembelian
4. Loyalty
Pada
tahap ini dimana para konsumen yang telah membeli sebuah produk/jasa di
harapkan untuk terus berlangganan
4.2 Mengidentifikasi media digital marketing
• Owned : merupakan chanel yang kita
miliki atau bisa kita control
Contohnya
:
- Website
- Social media chanel
-
Email
-
blog
-
E-books
- White papers
• Paid : semua chanel yang memungkinkan promosi
produk/jasa tetapi disertaidengan adanya biaya yang dikeluarkan .
Contoh
:
-
Digital ads
- Booster social media post
• Earned : Hal ini merupakan liputan
media yang biasayanya berbentuk word of mouth. Contohnya :
-
Rating dan riview dari costumer
-
liputan media pada penerbit online
-
postingan media sosial dari orang lain
4.3 Jenis Pemasaran Digital
1.
Search Engine Optimization
Seo adalah proses optimasi website/website
ketika pelanggan mencari kata kunci tertentu. kemungkinan: Perlunya pengetahuan
lengkap tentang SEO fokus pada halaman dan perilaku konsumen saat mencari
konten situs web dengan kata kunci yang tepat OFF Pge Seo Hal ini dilakukan
offpage dengan menambahkan peringkat 1, 2 dan 3 pencarian.
2.
Pemasaran Mesin Pencari
Jenis ini adalah optimasi situs web yang
ditampilkan di mesin pencari dengan memberi peringkat ke atas dengan alat yang
lebih berbayar. Contoh: Periklanan
3.
Pemasaran Media Sosial
Pemasaran media sosial adalah metode pemasaran
yang mempromosikan produk/jasa di saluran media sosial. Tujuannya adalah untuk
meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan serta meningkatkan lalu lintas ke
situs web Anda. Tipe ini sangat tergantung pada kualitas konten, tulisan, dan
cara Anda mengembangkan dan membangun hubungan dengan audiens Anda.
4.
Pemasaran Konten
Ini adalah teknik pemasaran yang berfokus pada
pembuatan dan penerbitan konten untuk audiens tertentu.
5.
Pemasaran Email Gunakan Email
untuk mempromosikan konten / diskon / acara sehingga transaksi atau pembelian dilakukan dan dikirim ke situs web Anda.
4.4 Traditional marketing
Pemasaran Tradisional adalah istilah strategi pemasaran yang mencakup berbagai saluran periklanan seperti media cetak, billboard, televisi, brosur, dan kampanye billboard untuk iklan radio. Pemasaran tradisional adalah jenis pemasaran yang paling terkenal dan mencakup semua iklan yang kita lihat dan dengar setiap hari.
4.5 Tujuan tradisional marketing
•
Penggunaan taktik pemasaran tradisional bisa menggunakan gampang menjangkau
poly pelanggan. Misalnya, suatu iklan radio yg diputar pada satu lokasi akan
menjangkau suatu kota atau wilayah. Atau, sepucuk pamflet yg dikirimkan ke
setiap tempat tinggal pada sejumlah wilayah
tertentu.
• Barangnya mampu disimpan. Pelanggan bisa
menyimpan barang atau rupa fisik sebagai akibatnya bisa dicermati
terus-menerus. Contohnya, iklan risalah yg diberikan bisa disimpan sebagai
akibatnya penerima mampu terus melihat produk yg ditawarkan.
• Pemasaran tradisional bisa menggunakan gampang dipahami sang kebanyakan orang lantaran semenjak usang mereka telah acapkalikali dihadapkan dalam taktik semacam ini.
4.6 Penggunaan Website
Situs
internet adalah kumpulan halaman internet yang terdapat dalam area atau subdomain di
World Wide Web (WWW) Internet. Secara umum
internet site digunakan untuk menyampaikan informasi tetapi seiring
perkembangan teknologi dan zaman
fungsi
dan manfaat dari sebuah internet site.
1.
Web digunakan sebagai media informasi yang siapa saja dapat mengirim dan
menerima informasi. Anda dapat menemukan berbagai jenis informasi yang tersedia
di situs internet Anda hanya dengan membuka alamat situs internet Anda.
2.
Web juga berfungsi sebagai media komunikasi yang memungkinkan orang untuk
berkomunikasi melalui chat, webmail, touch form, dan
sebagainya.
3.
internet site juga berfungsi untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki melalui
internet.
4.
Web juga dapat digunakan untuk media transaksi. Dimana bisnis dan konsumen
terhubung melalui transaksi elektronik atau online.
5. Multichannel Marketing
5.1
Mengenal Multichannel dalam Marketing dan Kenapa Sangat Penting ?
Definisi
Pemasaran multichannel merupakan bentuk
strategi pemasaran yang menggunakan berbagai saluran komunikasi. Semakin banyak
saluran yang anda gunakan, semakin efektif dan maksimal untuk menarik banyak
audiens.
Tujuan
penggunaan pemasaran multichannel ini sebenarnya adalah untuk menarik banyak
pemirsa dari berbagai kalangan tanpa batasan informasi. Pelanggan memiliki
akses ke semua informasi tentang bisnis Anda dari berbagai media sosial.
Misalnya, jika Anda tidak puas dengan akses Anda ke Instagram atau Twitter,
Anda dapat mencari informasi di situs
Anda.
5.2
Strategi Penerapan Multichannel Marketing
1.
Tentukan persona pembeli
Pertama, tentukan siapa calon pelanggan Anda.
Persona pembeli dapat digunakan untuk memfasilitasi keputusan ini.
Dengan cara ini kami benar-benar dapat
memahami kebutuhan konsumen. dengan begitu kita bisa memahi apa yang mereka
suka dan apa yang tidak mereka sukai, dan aagaimana perilakunya
2.
Pilih saluran yang ingin Anda gunakan
Langkah selanjutnya dalam menerapkan pemasaran
multi saluran adalah menentukan saluran. Oleh karena itu, pilih hanya beberapa
saluran. Prioritaskan semuanya sesuai dengan persona pembeli.
3. Sesuaikan pesan yang Anda kirim
Sebuah perusahaan atau suatu bisnis
membutuhkan banyak tim. Semua tim menjaga semua saluran Strategi ini tentu
sangat efektif dan efisien. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi setiap
anggota tim. Sebagai strategi, selalu ingat siapa persona merek Anda. Buat
kesimpulan tentang pesan seperti apa
yang mereka sukai.
4. Sesuaikan untuk setiap saluran
Strategi selanjutnya adalah melakukan pesan yang membedakan pengguna bisnis dan perusahaan lain. Misalnya, pilih platform Instagram dan Tiktok. Pesan visual dapat dikomunikasikan dengan baik untuk disampaikan kepada calon konsumen. Anda dapat mendistribusikan foto Anda di sana. Ini berbeda dari saluran Twitter. Pesan tertulis mungkin lebih efektif di media sosial lainnya.
2. WEBSITE FUNCTION
6.1 Fungsi website
Situs website itu sendiri adalah kumpulan halaman dalam domain yang berisi banyak informasi yang dapat diakses oleh pengguna Internet, dan pengguna juga dapat membaca dan melihatnya melalui mesin pencari. Informasi yang dapat dimasukkan di situs web biasanya mencakup gambar, ilustrasi, video, dan konten tekstual untuk berbagai tujuan.
6.2 Manfaat website
1.
Memperluas jangkauan promosi
Website, baik perusahaan atau individu, dapat digunakan sebagai sarana promosi diri. Namun selain meningkatkan kredibilitas, jika website Anda dapat mencapai halaman pertama hasil pencarian Google dengan SEO yang baik, website Anda akan dikenal lebih banyak orang dan lebih banyak pengguna internet, bukan tidak mungkin untuk didatangi.
2.
Wadah Komunitas
Sesuai dengan jenis-jenis
website di atas, Anda juga bisa menggunakan website tersebut untuk menjadi
forum komunitas sesuai minat Anda. Misalnya, jika Anda menyukai reptil, Anda
dapat membuat situs web yang berisi pengetahuan tentang perawatan reptil dan
menyatukan orang-orang dengan minat yang sama untuk mendirikan sebuah
organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, K. (2021, januari 13). Ingin Jangkau Banyak Audiens? Coba
Multichannel Marketing, Yuk! Diambil kembali dari
https://glints.com/id/lowongan/multichannel-marketing-adalah/#.YoOpdC9gmqB
Pratama, A. P. (2018). AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN
ONLINE HEXAIMAGES SURABAYA. Diambil kembali dari
http://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal%20D1215001.pdf
Ulfa, N. (2022, januari 31). Survei: 3 Barang Olshop
Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia. Diambil kembali
dari https://www.dream.co.id/techno/berdasarkan-survei-fesyen-dan-akesoris-yang-sering-dibeli-secara-online-2201294.html
Istiqomah, M. M. (2021, November 12). 5 Alasan Orang
Memilih Belanja Online, Tidak Hanya karena Pandemi!
Kreditpintar. (2021, Mei 11). Banyak Disukai Orang, Apa
Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online. Diambil kembali dari
https://www.kreditpintar.com/education/banyak-disukai-orang-apa-kelebihan-dan-kekurangan-belanja-online
DewaWeb. (2021, juli 14). Pengertian, Fungsi, Jenis, dan
Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui . Diambil kembali dari
https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-website-lengkap/
Adani, M. R. (2020, desember 16). Pengenalan Apa Itu
Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya. Diambil kembali dari
https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-website/
Dania, R. (2016). Blending traditional and digital
marketing. Diambil kembali dari
http://webbut2.unitbv.ro/BU2015/series%20v/2016/BULETIN%20I%20PDF/06_Todor%20R.pdf
Haryono, S. (2018, april). PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE
TERHADAP PENJUALAN PRODUK PENGUSAHA UMKM PADA ASOSIASI INDUSTRI KREATIF DEPOK
. Diambil kembali dari
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/viewFile/2324/1890
Muchammad Saifuddin, F. S. (2014, juni). E-MARKETING
DALAM PANDANGAN BISNIS. Diambil kembali dari
https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/download/39/27
King, A. B. (2008, juli). Website optimization.
Diambil kembali dari
http://www.websiteoptimization.com/secrets/conversion-rate-optimization.pdf


0 Komentar